Membuat gelembung dalam gelembung?

Artikel ini dilihat sebanyak 10,366 kali

“Pernahkah kita membayangkan kita bisa membuat gelembung sabun bisa dibuat dalam gelembung sabun.”

gelembung

Kali ini kita akan melakukan eksperimen sains sederhana dan menarik, yaitu membuat gelembung sabun  dalam gelembung sabun.  Tidak cuma satu gelembung, bahkan banyak gelembung bisa dibuat dalam gelembung sabun.  Percobaan ini sangat sederhana sehingga bisa dilakukan di rumah dan ruang kelas. Bahan-bahan yang digunakan pun mudah dicari.

Alat dan Bahan :

  1. Gula pasir
  2. Air
  3. Sabun cuci piring
  4. Gelas 200mL
  5. Sedotan Es

Percobaan:

  1. Masukkan air ke dalam gelas sekitar setengahnya
  2. Tambahkan 2 sendok makan sabun cuci
  3. Tambahkan 1 sendok gula pasir
  4. aduk hingga air sabun yang manis tersebut (jangan diicipi ya)
  5. Basahi permukaan meja/lantai dengan air sabun manis di atas pake tangan (sedikit saja dan jangan dihabisin)
  6. Celupkan sedotan ke air sabun tersebut dan tiup ke arah permukaan meja tersebut (lebih jelas lihat video) hingga terbentuk sebuah gelembung sabun di permukaan meja
  7. Celupkan sedotan ke dalam air sabun tersebut dan tusukkan ke gelembung yang sebelumnya hingga mendekati permukaan meja lalu tiup lagi. kita akan melihat gelembung baru terbentuk dalam gelembung pertama sedangkan gelembung pertama  membesar)
  8. ulangi terus sehingga kita bisa membuat gelembung baru di dalam gelembung kedua dan seterusnya

 Penjelasan

Gelembung udara sebenarnya merupakan udara yang terperangkap dalam lapsiann tipis cairan yang perpaduan antara ikatan hidrogen air dan lapisan minyak(sabun). Lapisan minyak ini sebenarnya terdiri atas dua bagian, yaitu bagian non polar yang tidak suka air dan bagian polar yang membentuk ikatan hidrogen dengan air.  Penambahan gula mungkin kedengarannya agak konyol, tapi gula dapat memperkuat gelembung udara. Hal ini disebabkan gula dapat membentuk ikatan hidrogen dengan air.

Ketika kita mengoleskan air sabun ke permukaan meja maka lapisan sabun akan menutupi meja.Hal ini bertujuan untuk mencegah pecahnya gelembung yang akan terbentuk. Pada saat kita membuat gelembung kedua, kita lihat gelembung pertama membesar. Ini disebabkan volume udara membesar akibat tiupan kita (saat membuat gelembung ketiga). Kita bisa membuat gelembung sebanyak yang kita mau dalam gelembung sebelumnya selama gelembung sebelumnya tidak pecah karena kebanyakan  udara dan permukaan gelembung tidak bersentuhan. Jika ini terjadi maka kedua gelembung akan bersatu akibat kohesi (gaya tarik menarik antar zat sejenis)

 

Referensi : http://www.stevespanglerscience.com/lab/experiments/bubble-inside-a-bubble

Related Post