Bagaimana Monster Musuh Power Rangers tumbuh besar dan cara mudah mengatasinya?

Artikel ini dilihat sebanyak 1,893 kali

power ranger

Siapa yang tidak kenal film “Power Rangers”? Ane rasa hampir orang yang tumbuh besar di era 90-an pernah nonton film serial ini, termasuk ane juga tentunya. Meski kalau dipikir-pikir jalan ceritanya gitu-gitu aja ya .. Datang monster (ukuran normal) nyerang, power rangers berhasil mengalahkannya meski di awal kalah dulu, monster menjadi besar, lalu keluar robot dan happy ending deh yaitu giant monster nya kalah.

MMPR_Mutitus

Tapi, pernahkah terpikir gimana monster bisa tumbuh sebesar itu dalam waktu cepat? Bisa gak dijelaskan secara ilmiah? Kalau  menurut ane sih sangat bisa.. Abaikan dulu faktor magic yang ada, setidaknya ada  dua jenis pendekatan ilmiah yang bisa dipakai

(Term and Condition : Meskipun penjelasan ane ilmiah, tapi ini film fiksi ya rada-rada tidak masuk akal hitungannya…hehehehe)

Pendekatan 1 : Monster hanya mengembang tanpa ada energi dari luar
Jika kita pake pendekatan ini maka kita anggap terjadi reaksi kimia (gak tau reaksi apalah namanya) di monster tersebut sehingga monster membesar bahkan lebih dari 100x kali tubuhnya.

Cara ini paling gampang terjadi, namun ada kelemahan nya. Kalau kita amati selama monster membesar tidak terlihat kalau moster tersebut makan nasi, batu, atau apalah. Seharunsya berat badan monster baik ukuran normal maupun ukuran raksasa tidak berubah. Di kimia dikenal hukum konservasi massa (Lomonosov-Lavoisier ), yaitu massa/berat suatu sistem tertutup akan konstan meskipun terjadi berbagai macam reaksi kimia dan perubahan fisika di dalamnya. Terus konsekuensinya apa? Mari kita hitung bareng :

Kita anggap ukuran raksasa = 100x ukuran normal
berat monster normal
 = berat monster raksasa
ukuran (volum) monster normal x massa jenis monster normal = ukuran monster raksasa x massa jenis monster raksasa
massa jenis monster raksasa massa jenis monster normal / 100

Massa jenis monster raksasa hanya satu per seratus massa jenis monster normal. Power Ranger seharusnya tidak perlu pake senjata aneh-aneh, apalagi pake robot raksasa (yang ikut ngancurin kota juga). Blower atau kipas angin raksasa harusnua cukup untuk menerbangkan monster raksasa ke laut  …………..  gampang kan?

Pendekatan 2 : Monster mendapat energi dari luar sehingga berat monster bertambah

growbombPendekatan  ini mungkin yang diharapkan pembuat film tersebut. Massa jenis monster tetap,  tapi massa dan ukuran monster membesar. Misal dari 200 kg jad 20.000 kg. Kalau kita amati sebelum  monster membesar rata2 ratu para monster melempar semacam bom (bukan bom giant lho…)  yang menjadi sumber energi sehingga monster membesar.  Terus seberapa besar energi dalam  grow bomb tersebut? Mari kita hitung lagi karena secara ilmiah ini bisa di”mungkin-mungkin”kan.  Kali ini kita pake rumus sederhana om Enstein, yaitu E = Δm c^2

Kita anggap berat monster berubah dari 200 kg menjadi 20.000 kg
sehingga Δm =19.9800 kg maka Energi yang dibutuhkan= 19.9800 x (3×10^8)^2                             (c adalah kecepatan cahaya di ruang hampa = 3×10^8 m/s)
E = 17982000000000000000000 J atau 1.8 x 10^ 22 J

Kebayang sebesar apa energi itu? Energi tsb setara dengan 4281428571428 ton TNT atau 214071428 kali bom atom yang dijatuhkan di Horisima atau  61163 bom nukir terbaru atau 7000-an kali letusan Gunung Krakatau.

Bodoh banget kan monsternya ??? coba kalau sabar dikit..10 episode saja udah cukup nabung grow bomb nya mungkin udah cukup untuk meledak kan bumi..setidaknya kerusakan parah lah..
Terus cara ngatasinya ?? pasrah aja deh kalau yang ini .. 😀

 

btw, emang bisa ya energi sebesar itu disimpan di grow bomb sekecil itu?

namanya juga film suka-suka sutradaranya lah ..  🙂