antara harap dan cemas

Artikel ini dilihat sebanyak 28 kali

Bismillahirrahmanirrahimm…..

life is never flat…..

kata-kata tersebut menjadi tag line iklan makanan ringan…tapi, saya sedang tidak ingin cerita tentang makanan, nanti dikira promosi….

life is never flat....kehidupan tidak pernah datar…

hidup manusia itu sungguh menarik… berawal dari tiada..lalu Allah menciptakan ruh kita dan ditanamkan ke jasad seorang bayi berusia 120 hari…kemudian lahir ke dunia dalam wujud yang sangat sempurna…sangat berbeda dengan bahan bakunya…yaitu mani dan sel telur yang menurut sebagian besar manusia dinilai menjijikkan….

bayi itu kemudian tumbuh menjadi seorang yang tampan atau cantik yang kuat, apalagi setelah mencapai masa baligh…setelah beberapa masa akhirnya dia menjadi tua dan mati… beberapa di antaranya dimatikan sebelum menjadi dewasa…

selama masa hidup…banyak hal yang membuat kita bahagia, tersenyum, dan tertawa…tapi, banyak hal yang membuat kita sedih, kecewa, bahkan menangis….memang itu lah kehidupan…Allah telah menjanjikan bahwa hidup kita di dunia ini adalah suatu ujian..ada ujian yang kita sukai…ada yang tidak kita sukai….ada ujian berupa kemiskinan dan berupa kekayaan…ada yang berupa kesehatan.. ada berupa rasa sakit..kesuksesan dan kegagalan….penderitaan dan kejayaan…semua itu datang menerpa kita dengan secara berbeda-beda kadarnya….

kematian

jika ajal telah menjemput

ada yang menyikapi ujian kesusahan dengan hati marah dan kesal serta putus asa, tapi ada juga yang sabar…ada yang jika diberi kenikmatan adan kejayaan, dia menjadi sombong…ada juga yang syukur….

lantas bagaimana dengan kita…..sebagai seorang mukmin yang mengikrarkan hanya Allah yang layak diibadahi???

Allah melalui Rasul-Nya telah mengajari kita bagaimana seharusnya kita menyikapi itu semua…yaitu antara harap dan takut….

ketika kita ditimpa kesulitan…kita menyikapinya penuh harap…yakin bahwa dengan kesulitan ini Allah hendak mendidik kita, Allah ingin mengangkat derajat kita…Allah ingin mendekatkan surga ke kita….karena jalan menuju surga merupakan jalan yang berat…kata pak Hermawan–jalan mendaki lagi sukar, yang merupakan jalan para pemenang…kita yakin semakin berat ujian kita…apabila kita bisa melewatinya maka semakin besar kenikmatan yang akan kita peroleh…bukankah ujian masuk ITB jauh lebih susah dari UAN SD…..sungguh indah firman Allah berikut :

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya. Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (Al- Baqarah : 150- 157)

Akan tetapi, di saat yang bersamaan kita juga harus merasa cemas dan takut….cemas jika kesulitan yang kita peroleh merupakan tanda dari murka Allah…takut karena dosa-dosa kita sudah terlalu banyak yang tiada kita sadari… khawatir amal-amal ibadah kita terkotori oleh niat yang tidak ikhlas dan  tata cara yang tidak sesuai….jangan-jangan ada segumpal dari daging dalam tubuh kita yang berasal dari sumber yang haram…..sungguh agung kalam Allah berikut :

Lalu ditimpahkanlah kepada mereka nista dan kehinaan, serta mereka mendapat kemurkaan dari Allah. Hal itu (terjadi) karena mereka selalu mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para Nabi yang memang tidak dibenarkan. Demikian itu (terjadi) karena mereka selalu berbuat durhaka dan melampaui batas” (Al-Baqarah : 61)

ketika kita diberi Allah kemudahan, kesuksesan, dan kebahagiaan…kita menyikapinya dengan penuh syukur…kita yakin bahwa kenikmatan tersebut berasal dari Allah….sungguh besar harapan kita bahwa kebahagian itu merupakan tanda cinta Allah pada kita…tanda ibadah kita telah diridhoi dan diberkahi Allah…ini membuat kita berupaya menjadikan setiap butir kenikmatan tersebut menjadi ibadah yang lebih besar lagi….

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar….Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu...” (At-thalaq : 2 -3)

tapi, di saat yang bersamaan kita harus berintropeksi diri…karena Allah memberikan kenikmatan tersebut agar kita terbuai dengan dosa-dosa kita dan kemudian mengazab kita dengan azab yang besar….na’uduzbillah…Allah memberi orang-orang kafir dan pendosa kemudahan-kemudahan di dunia agar mereka di azab yang besar di neraka…

Allah berfirman: “Dan kepada orang yang kafirpun Aku beri kesenangan sementara, kemudian Aku paksa ia menjalani siksa neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali” (Al-Baqarah : 126)

semoga kita bisa memaknai hidup ini dengan penuh harap dan cemas….berharap akan cinta dan rahmat Allah…cemas dan takut akan azab dan siksa Allah….

sebagai penutup..semoga surat cinta Allah berikut bisa menggugah hati kita..

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.” (Al-Baqarah :214)

fajar semakin dekat.....

fajar semakin dekat.....

angan pernah menyerah…never ever surrender…ingatlah semakin gelap malam, itu pertanda bahwa fajar semakin dekat….

semoga Allah memberkahi kita semua….

jika ada yang salah maka itu berasal dari diri saya..jika benar maka itu berasal dari Allah…

Related Post